PENGGUNAAN MEDIA ARABIC PUZZLE BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AL-IKHLAS DESA NEGLA KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

SALSABILA, QURAISYIN (2024) PENGGUNAAN MEDIA ARABIC PUZZLE BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AL-IKHLAS DESA NEGLA KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALSABILA QURAISYIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salsabila Quraisyin. 1917403085. Penggunaan Media Arabic Puzzle Book Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MDTA Al-Ikhlas Desa Negla Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Pembimbing skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2024 Media pembelajaran berupa Arabic Puzzle Book dapat menjadi pendukung siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Puzzle merupakan salah satu media belajar dan bahan ajar. Media puzzle adalah sumber belajar dan bahan ajar yang dapat membuat pembelajaran lebih kontekstual, dan menjadi inovasi terbaru dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Pendidikan Madrasah Diniyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Media Arabic Puzzle Book Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MDTA Al-Ikhlas Desa Negla Kecamatan Losari Kabupaten Brebes serta faktor pendukung dan penghambat dalam Penggunaan Media Arabic Puzzle Book Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MDTA Al-Ikhlas Desa Negla Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala MDTA Al-Ikhlas, guru Bahasa Arab, empat orang siswa MDTA Al-Ikhlas Desa Negla. Sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media Arabic Puzzle Book dalam pembelajaran Bahasa Arab. Teknik dalam pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam pembelajaran Bahasa Arab guru menyiapkan materi yang akan dipelajari. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media Arabic Puzzle Book. (3) Pada evaluasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan media Arabic Puzzle Book dilakukan dengan observasi setiap kegiatan selama tiga kali pertemuan, kemudian dilanjut akhir pertemuan dengan tes pemberian soal. Faktor pendukung: guru yang mengajar, pengajaran kitab kuning, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat: pengaruh lingkungan, kurangnya waktu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Media Arabic Puzzle Book
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Salsabila Quraisyin
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:13
Last Modified: 06 Jan 2025 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28449

Actions (login required)

View Item View Item