Alifah, Putriani (2024) PERSEPSI DAN PERAN AGEN BRILink TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DI DESA MAOSLOR KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ALIFAH PUTRIANI_PERSEPSI DAN PERAN AGEN BRILINK TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DI DESA MAOSLOR KABUPATEN CILACAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan zaman yang pesat mendorong perkembangan teknologi dengan cepat, sehingga lembaga keuangan perbankan berlomba-lomba memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan produk melalui inovasi layanan. Salah satunya adalah bank BRI yang menghadrikan sebuah inovasi layanan dengan nama BRILink. BRILink merupakan perluasan layanan BRI dengan bekerja sama dengan nasabah yang dijadikan sebagai agen, yang memberikan layanan transaksi perbankan secara real-time online melalui sitem bagi hasil (50:50). Tujuan utama BRILink adalah memudahkan masyarakat di daerah terpencil untuk mengakses layanan perbankan tanpa perlu mengunjungi kantor BRI, salah satunya ada di Desa Maoslor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Hadirnya agen BRILink menjadi salah satu bentuk kemudahan bagi masyarakat setempat yang kurang mengerti mengenai transaksi perbankan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi dan peran agen BRILink terhadap inklusi keuangan di Desa Maoslor Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, guna untuk mendapatkan informasi dan bukti dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini yaitu masyarakat Desa Maoslor memiliki persepsi yang positif terhadap layanan BRILink. Masyarakat merasa puas dengan layanan yang diberikan Agen BRILink sehingga mereka dapat menggunakan layanan perbankan dengan mudah. Agen BRILink di Desa Maoslor memiliki peran penting dalam mendukung inklusi keuangan dengan menghadirkan layanan perbankan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di daerah terpencil. BRILink juga mendukung tujuan keuangan syariah dengan menyediakan layanan perbankan berbasis syariah melalui jaringan agen, yang membantu masyarakat yang belum terjangkau oleh bank konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Peran, Agen BRILink, Inklusi Keuangan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Alifah Putriani |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 01:15 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 01:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |