Anggi, Mugiutami (2024) PERAN KEPEMIMPINAN PENGASUH PESANTREN DALAM MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM TAHFIZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUT THOLIBIN HIDAYATUL QUR'AN RANDUDONGKAL PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ANGGI MUGIUTAMI_PERAN KEPEMIMPINAN PENGASUH PESANTREN DALAM MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM TAHFIZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUT THOLIBIN HIDAYATUL QUR'AN RANDUDONGKAL PEMALANG.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan pengasuh pesantren memegang peran penting dalam manajemen kurikulum program Tahfiz, yang bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang berkualitas. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pengasuh pesantren berfungsi sebagai perintis, penyelaras dan pemberdaya dalam merancang, mengorganisasikan, mengimplementasikan, dan melakukan pengawasan serta mengevaluasi kurikulum Tahfiz. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan pengasuh pesantren dalam manajemen kurikulum program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an Randudongkal Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif dengan bentuk dokumen tulis dan lisan yang peneliti peroleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi pada saat wawancara. Objek penelitian ini adalah peran kepemimpinan pengasuh pesantren dalam manajemen kurikulum program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an Randudongkal Pemalang. Tahapan analisis dilakukan dengan menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat : 1). Peran kepemimpinan pengasuh pesantren dalam manajemen kurikulum program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an Randudongkal Pemalang meliputi manajemen pondok pesantren, manajemen kurikulum madrasah diniyah, manajemen kurikulum Tahfiz Al-Qur’an dari pengasuh pesantren baik kiai maupun ibu nyai memiliki peranan penting dalam setiap bidangnya masing- masing. 2). Peran aktif pengasuh dalam manajemen kurikulum program tahfiz berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan santri dalam menghafal Al-Qur’an dan mengaplikasikan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti manajemen kurikulum program tahfiz yang harus relevan dengan zaman dan kebutuhan masyarakat serta sumber daya yang lebih modern dengan tetap selaras terhadap visi, misi dan tujuan pesantren. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi berbagai pihak terkait pengelolaan pendidikan di pesantren, khususnya terhadap peran kepemimpinan pengasuh pesantren dalam manajemen kurikulum program tahfiz. Kata kunci : Kepemimpinan, Peran Kepimimpinan, Manajemen Kurikulum
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Peran Kepimimpinan, Manajemen Kurikulum |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anggi Mugiutami |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 06:31 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |