IMPLEMENTASI NILAI AGAMA MELALUI PEMBIASAAN SIMULASI SALAT FARDHU DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III KESUGIHAN CILACAP

Indah, Rahmawati (2024) IMPLEMENTASI NILAI AGAMA MELALUI PEMBIASAAN SIMULASI SALAT FARDHU DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indah Rahmawati_Implementasi Nilai Agama melalui Pembiasaan Simulasi Salat Fardhu di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kesugihan Cilacap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pondasi yang kokoh dan penting keberadaannya sehingga harus ditanamkan sejak dini sebagai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, salah satu upaya untuk menanamkan iman dan takwa yaitu dengan pembiasaan simulasi salat fardhu. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai agama yaitu nilai iman dan takwa melalui pembiasaan simulasi salat fardhu di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kesugihan Cilacap. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Objek penelitian dari penelitian ini yaitu implementasi nilai agama melalui pembiasaan salat fardhu. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kesugihan Cilacap. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa implementasi nilai agama terutama nilai iman dan takwa melalui pembiasaan simulasi salat fardhu di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kesugihan Cilacap dilaksanakan dengan pembiasaan rutin setiap hari Jumat pagi. Melalui pembiasaan simulasi salat fardhu menumbuhkan sikap disiplin dan rasa percaya diri pada anak. Pelaksanaan pembiasaan simulasi salat fardhu dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap pelaksanaan meliputi wudhu, adzan, iqamah, salat, dan zikir bersama. Faktor pendukungnya meliputi: tingginya kesadaran guru dalam mengimplementasikan nilai iman dan takwa melalui pembiasaan salat fardhu, tersedianya ruang tempat salat, alat peraga, dan alat salat yang dapat digunakan oleh peserta didik. Faktor penghambatnya meliputi: suasana kelas yang kurang kondusif, kurangnya kesadaran anak dalam belajar ketika praktik salat, dan bacaan anak yang belum lancar. Guru berupaya keras dalam menerapkan dan mengoptimalisasikan nilai iman dan takwa pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama, Salat Fardhu
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Indah Rahmawati
Date Deposited: 02 Jan 2025 01:10
Last Modified: 02 Jan 2025 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item