Qori, Sahara (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 KEDUNGREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Qori Sahara_Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kedungreja Cilacap.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Saat ini pentingnya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran telah menjadi tujuan pendidikan. Mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena pesatnya isu agama yang menyebar dimana-mana. Model pembelajaran inkuiri dapat menjadi upaya guru untuk menerapkan dalam pembelajarannya karena dapat merangsang pemikiran kritis siswa melalui eksplorasi, diskusi, dan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian, peneliti mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kedungreja. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Kedungreja. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis meliputi guru menekankan pada pertanyaan-pertanyaan awal dengan tujuan mengkondisikan siswa agar siap melaksanakan proses pembelajaran, guru membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki, guru mengajukan berbagai pertanyaan yang dapat mendorong siswa untuk merumuskan hipotesis atau jawaban sementara, guru menginstruksikan siswa agar mencari sumber data yang relevan yang dapat dipertanggungjawabkan, guru memantau siswa dalam merumuskan kesimpulan agar mendapatkan kesimpulan yang sesuai dari rumusan masalah, dan guru menginstruksikan siswa untuk memaparkan kesimpulan yang mereka peroleh. Kemampuan berpikir kritis siswa muncul ditandai dengan kemampuan berpikir analitis, kemampuan berargumen, kemampuan komunikasi, kemampuan kreatif, kemampuan keterbukaan diri, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir rasional dan logis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Model Pembelajaran Inkuiri, PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Qori Sahara |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |