UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL HADITS DI TK TUNAS RIMBA 1 PURWOKERTO

Nur Fauziatun, Soleha (2024) UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL HADITS DI TK TUNAS RIMBA 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Fauziatun Soleha_Upaya Guru dalam Pembelajaran Menghafal Hadits di TK Tunas Rimba 1 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam pembelajaran menghafal hadits di TK Tunas Rimba 1 Purwokerto. Guru memiliki peran utama dalam membimbing anak-anak usia dini untuk mengenal dan menghafal hadits, sebagai bagian dari penguatan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus (case studies) dan lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (verification) dan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Tunas Rimba 1 Purwokerto menerapkan berbagai upaya untuk mendukung pembelajaran menghafal hadits. Guru menggunakan metode 5M yaitu Membacakan, Mendengarkan, Menirukan, Menghafal dan Menggerakan. Selain itu, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui pendekatan bermain, sehingga anak-anak tetap antusias mengikuti pembelajaran. Dalam setiap pembelajaran, guru juga memberikan contoh teladan dan penjelasan makna hadits untuk membantu anak memahami isi hadits yang dihafal. Guru secara konsisten memberikan motivasi kepada anak-anak melalui pujian dan penghargaan sederhana, seperti bintang penghargaan, untuk meningkatkan semangat mereka. Kendala yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan perbedaan kemampuan anak dalam menghafal. Untuk mengatasi kendala tersebut, guru memberikan perhatian individual kepada anakanak yang mengalami kesulitan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya guru dalam pembelajaran menghafal hadits di TK Tunas Rimba 1 Purwokerto berjalan dengan baik, berkat dedikasi, kreativitas, dan kemampuan guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pembelajaran, Menghafal Hadits, Anak Usia Dini
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.3 Kumpulan Hadits Bidang Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Fauziatun Soleha
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:55
Last Modified: 27 Dec 2024 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item