PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ANDALUSIA 2 KEBASEN

Ahmad, Faisol Yunus (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ANDALUSIA 2 KEBASEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AHMAD FAISOL YUNUS_PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ANDALUSIA 2 KEBASEN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui karena banyak siswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Siswa sering bingung dengan maksud soal, kesulitan menerjemahkannya ke dalam rumus matematika, dan tidak bisa menghubungkan konsep yang sudah dipelajari dengan masalah yang ada. Selain itu, siswa juga jarang memeriksa kembali jawabannya, sehingga seringkali terjadi kesalahan. Terakhir, siswa juga kesulitan dalam menuliskan jawaban akhir yang lengkap dan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Islam Andalusiaa2 Kebasen. Menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi selama proses pembelajaran dianggap sebagai solusi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bermaksud mengkaji implementasi dan pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMP Islam Andalusia 2 Kebasen. Penelitian kuantitatif digunakan dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Andalusia 2 Kebasen yang berjumlah 294 siswa, dengan sampel berjumlah 57 siswa, 30 siswa dari kelas VIII J dan 27 siswa dari kelas VIII D. Variabel penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t, dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan efek positif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Islam Andalusia 2 Kebasen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: AHMAD FAISOL YUNUS
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:10
Last Modified: 10 Dec 2024 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item