Mirna, Mirna (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TRANSACTION FEE DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MELALUI AGEN BRILINK (Studi Kasus Nasabah Agen BRILink Desa Bantarwaru, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
|
Text
Mirna_Pengaruh Kualitas Pelayanan, Transaction Fee dan Lokasi Terhadap Keputusan Bertransaksi Melalui Agen BRILink (Studi Kasus Nasabah Agen BRILink Desa Bantarwaru).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
BRILink merupakan perluasan layanan BRI dengan bekerja sama dengan nasabah yang dijadikan sebagai agen, yang memberikan layanan transaksi perbankan secara real-time online melalui sistem bagi hasil (50:50). Agen ini menggunakan perangkat EDC yang dilengkapi dengan fitur layanan perbankan BRI dan berfungsi sebagai mini ATM BRI. Tujuan utama BRILink adalah memudahkan masyarakat di daerah plosok untuk mengakses layanan perbankan tanpa perlu mengunjungi kantor BRI, salah satunya ada di Desa Bantarwaru, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Hadirnya agen BRILink di Desa ini menjadi salah satu kemudahan bagi masyarakat setempat yang kurang mengerti mengenai transaksi perbankan. Awalnya ada tiga agen BRILink yang beroperasi, namun sekarang hanya tersisa dua agen saja. Agen BRILink harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan agar sesuai atau bahkan melebihi apa yang diharapkan oleh nasabah, memberikan transaction fee yang kompetitif serta lokasi yang strategis agar dapat mempertahankan nasabah dan mengembangkan bisnis. Objek dari penelitian ini adalah nasabah BRILink Desa Bantarwaru. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada 214 responden. Dengan alat analisis data berupa regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1), transaction fee (X2) dan lokasi (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi melalui agen BRILink. Sedangkan berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel sebesar (20,274 > 2,65) dan nilai signifikansi (0.000 < 0.05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah (53,8%) yang artinya 53,8% variasi pada keputusan bertransaksi nasabah melalui agen BRILink dipengaruhi oleh 3 variabel independen yaitu kualitas pelayanan (X1), transaction fee (X2) dan lokasi (X3).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Isnaini Putranti |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:21 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |