PENGARUH WORK ETHIC (WE) DAN QUALITY OF WORK LIFE (QWL) TERHADAP LOYALITAS KERJA MELALUI KEPUASAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PEGAWAI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA)

Renanda, Dwi Artanti (2024) PENGARUH WORK ETHIC (WE) DAN QUALITY OF WORK LIFE (QWL) TERHADAP LOYALITAS KERJA MELALUI KEPUASAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PEGAWAI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RENANDA DWI ARTANTI_PENGARUH WORK ETHIC (WE) DAN QUALITY OF WORK LIFE (QWL) TERHADAP LOYALITAS KERJA MELALUI KEPUASAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PEGAWAI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Loyalitas pegawai di sektor perbankan, khususnya perbankan syariah, sering kali rendah akibat kurangnya kepuasan kerja. Bekerja di bank menghadirkan banyak tekanan, mulai dari target yang ketat, lingkungan kerja yang kompetitif, hingga tuntutan tanggung jawab yang tinggi. Kondisi ini memengaruhi kesejahteraan pegawai dan meningkatkan tingkat perputaran (resign), yang menjadi faktor rendahnya loyalitas. Penyebab utamanya adalah ketidakpuasan pegawai serta ketidaksesuaian antara nilai-nilai pribadi dengan budaya perusahaan, yang pada akhirnya mengurangi loyalitas pegawai terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Work Ethic (WE) dan Quality of Work Life (QWL) terhadap loyalitas kerja melalui kepuasan pegawai sebagai variabel intervening. Penelitian ini melibatkan 57 pegawai BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga (28 laki-laki dan 29 perempuan). Teknik path analysis digunakan untuk menguji teori dengan uji regresi. Hasil analisis jalur menunjukkan pengaruh parsial dan simultan, sementara uji Sobel mengonfirmasi bahwa variabel mediasi Kepuasan Pegawai (Z) efektif dalam memediasi hubungan antara Work Ethic (WE), Quality of Work Life (QWL), dan Loyalitas Kerja. Hasil penelitian ini adalah: (1) WE tidak berpengaruh pada kepuasan pegawai, (2) QWL berpengaruh pada kepuasan pegawai, (3) WE dan QWL berpengaruh simultan terhadap kepuasan pegawai, (4) WE berpengaruh pada loyalitas kerja, (5) QWL berpengaruh pada loyalitas kerja, (6) Kepuasan pegawai berpengaruh pada loyalitas kerja, (7) WE tidak berpengaruh pada loyalitas kerja yang dimediasi oleh kepuasan pegawai, (8) QWL berpengaruh pada loyalitas kerja yang dimediasi oleh kepuasan pegawai. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa sektor perbankan, harus memperhatikan faktor Quality of Work Life (QWL) sebagai elemen penting yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pegawai. Perbankan perlu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan pegawai untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang relevan, untuk memperdalam analisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pegawai di sektor perbankan. Kata Kunci : Work Ethic, Quality Of Work Life, Loyalitas Kerja, Kepuasan Pegawai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Work Ethic, Quality Of Work Life, Loyalitas Kerja, Kepuasan Pegawai
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Renanda Dwi Artanti sdri
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:41
Last Modified: 24 Oct 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item View Item