Asniar, Fajarini (2024) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
ASNIAR FAJARINI_ PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA BANYUMAS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan bagi anak usia dini memiliki manfaat penting bagi dirinya sendiri untuk bekal hidupnya. Namun, pendidikan di sekolah cenderung memfokuskan pada aspek kognitif, padahal anak usia dini merupakan masa anak bermain dan bersosialisasi. Kecerdasan yang penting bagi anak diantaranya kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, dimana kecerdasan ini berpengaruh pada perkembangan sosial. Anak dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal yang baik dapat memudahkan anak bergaul dengan orang lain serta mampu menciptakan hal-hal yang baru. Oleh karena itu, kecerdasan interpersonal dan intrapersonal penting untuk dikaji untuk mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi, memahami dan bekerja sama dengan orang lain. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal melalui ekstrakurikuler pada siswa TK Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) wawancara dengan kepala sekolah, guru, anak didik TK Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja; (2) observasi, dilakukan di TK Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja ; (3) dokumentasi, berupa foto-foto kegiatan dan profil sekolah. Tenik analisis data menggunakan: (1) Reduksi data, dengan memilah dan menyeleksi data yang berkaitan dengan kebutuhan penelitaian; (2) Penyajian data, yaitu mendeskripsikan secara sistematis sejumlah informasi data untuk disajikan; dan (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian pengembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler pada anak usia dini di TK Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja ini perilaku anak tertanam dengan baik kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Adapaun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan ada 5 (lima) yaitu mewarnai, vokal/ menyanyi, tari, pagarnusa, pramuka pra siaga PAUD. Dengan beberapa indikator dari kecerdasan intrapersonal tersebut diantaranya pengelolaan kesadaran emosi, kemandirian, percaya diri, pemahaman diri, kesadaran moral dan nilai sedangkan untuk indikator kecerdasan interpersonal diantaranya keterampilan sosial dasar, komunikasi awal, keterampilan beradaptasi, pembelajaran kelompok/kolaborasi, pengembangan identitas sosial. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini, Ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini, Ekstrakurikuler |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Asniar Fajarini |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |