HABITUASI LITERASI DI KELUARGA DAN RA RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS

Amalia, Nurbaiti (2024) HABITUASI LITERASI DI KELUARGA DAN RA RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AMALIA NURBAITI__HABITUASI LITERASI DI KELUARGA DAN RA RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya literasi di Indonesia terjadi di semua kalangan, mulai dari anak usia dini sampai dengan orang dewasa. Salah satu penyebab rendahnya literasi di Indonesia adalah kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya literasi bagi anak usia dini, hal ini menyebabkan kurangnya perhatian dan kemampuan orang tua dalam meningkatkan literasi anak. Dari sinilah, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya literasi bagi anak usia dini yaitu dengan bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Salah satu lembaga PAUD/TK yang melaksanakan program pembiasaan literasi yaitu Raudhatul Athfal Rumah Kreatif Wadas Kelir. Dari pembiasaan literasi inilah, terbentuk habituasi literasi keluarga. Tujuan penelitian ini menganalisis bagaimana habituasi literasi di keluarga dan RA Rumah Kreatif Wadas Kelir. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah (1) Observasi yang dilakukan di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir; (2) Wawancara kepada Guru, orang tua, dan pengelola perpustakaan; (3) dokumentasi berupa foto kegiatan literasi, profil sekolah, dan lembar kurikulum. Adapun teknik analisis data menggunakan (1) Reduksi data, dengan memilah dan menyeleksi data yang berkaitan dengan kebutuhan penelitian, (2) Penyajian data, mendeskripsikan secara sistematis sejumlah informasi data untuk disajikan, dan (3) Penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Habituasi Literasi di Keluarga dan RA Rumah Kreatif Wadas Kelir, Karangklesem, Purwokerto Selatan, Banyumas dilakukan melalui; 1) Implementasi literasi di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir yang meliputi (a) Pembiasan Rutin yang berupa Meminjam Buku di perpustakaan, Read Aloud, dan Reward; (b) Pembiasaan Spontan berupa Recall dan Anak Aktif Membaca Buku Sendiri; serta (c) Pembiasaan Keteladanan berupa Read Aloud dan Guru Membaca Buku. 2) Implementasi literasi dalam keluarga melalui (a) Pembiasaan Rutin berupa Membacakan Buku dan Mendongeng; (b) Pembiasaan Spontan berupa Recall dan Anak Aktif Membaca Buku Sendiri; (c) Pembiasaan keteladanan berupa Orang Tua Membacakan Buku kepada Anak dan Orang Tua Membaca Buku. 3) Kemampuan literasi anak di lihat dari anak gemar membaca, kemampuan anak dalam membaca dan menulis, serta kemampuan anak memperoleh informasi dari buku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Habituasi Literasi, Literasi Keluarga, Anak Usia Dini
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Amalia Nurbaiti
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:28
Last Modified: 24 Oct 2024 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27797

Actions (login required)

View Item View Item