IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 1 MAJASEM

Hanin, Aisya Fajira Ashari (2024) IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 1 MAJASEM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanin Aisya Fajira Ashari_Implementasi metode struktural analitik sintetik(SAS) Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 DI SD Negeri 1 Majasem.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) ialah pendekatan dengan menganalisis struktur kalimat utuh, dilanjutkan dengan melakukan proses analitik (penguraian) menjadi bagian yang lebih kecil, dan terakhir proses sintetik dengan cara menggabungkan kembali kalimat yang telah diuraikan menjadi kalimat utuh. Metode SAS menjadi salah satu metode yang diterapkan pada saat pembelajaran keterampilan membaca di tingkat sekolah dasar. Keterampilan membaca menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi metode SAS untuk mendorong keterampilan membaca siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Majasem. Objek dari penelitian ini adalah implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran membaca siswa kelas 1 SDN 1 Majasem yang berjumlah 24 siswa. Subjek penelitian ini ialah guru kelas 1 dan siswa kelas 1 SDN 1 Majasem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SAS diterapkan pada pembelajaran membaca menggunakan media media gambar dan media kartu huruf. Adapun kendala yang dihadapi guru pada saat mengajar yaitu sikap orang tua siswa yang selalu berdiri di depan pintu melihat anaknya belajar membuat pandangan siswa terbagi, memerlukan waktu yang cukup banyak dalam implementasi metode SAS karena metode ini dilakukan secara berulang-ulang. Metode SAS ini sangat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keterampilan, Membaca, Metode, SAS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Depositing User: Hanin Aisya Fajira Ashari
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:26
Last Modified: 23 Oct 2024 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

View Item View Item