ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME PADA IMPULSE BUYING PERSPEKTIF PSIKOLOGI UANG (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Puput, Mumfatiah (2024) ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME PADA IMPULSE BUYING PERSPEKTIF PSIKOLOGI UANG (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PUPUT MUMFATIAH_ANALISIS GAYA HIDUP HEDONISME PADA IMPULSE BUYING PERSPEKTIF PSIKOLOGI UANG (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut mahasiswa untuk melakukan perubahan pada semua aspek kehidupan. Berdasarkan pra observasi 8 dari 15 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menghabiskan waktunya di luar rumah. Mereka cenderung mengikuti trend mode dan sering menghabiskan waktu untuk nongkrong ataupun mengerjakan tugas di tempat-tempat luar, misalnya di mall ataupun kafe. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gaya hidup hedonisme pada impulse buying, serta untuk menganalisis bagaimana perspektif psikologi uang mengenai gaya hidup hedonisme pada impulse buying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini 22 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto merasa penting untuk tampil modis sesuai trend agar terlihat lebih baik di mata teman-temannya. Gaya hidup hedonisme seperti itulah yang akan mempengaruhi mahasiswa melakukan impulse buying. Semakin tinggi gaya hidup hedonisme mahasiswa maka akan semakin tinggi juga impulse buying yang dilakukan. Sebaliknya, jika semakin rendah gaya hidup hedonisme mahasiswa maka akan semakin rendah impulse buying yang dilakukan. Untuk menghindari impulse buying karena gaya hidup hedonisme, maka mahasiswa sudah seharusnya mampu mengelola keuangan dengan bijak yang didasarkan pada dimensi psikologi uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Hedonisme, Impulse Buying, Psikologi Uang
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Puput Mumfatiah
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:49
Last Modified: 14 Oct 2024 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item View Item