Nur, Pebriana (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nur Pebriana_Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran interaktif Powerpoint dalam menyelesaikan masalah materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 4 Purwokerto. Pemahaman matematis merupakan landasan penting bagi pembelajaran matematika yang efektif, namun seringkali siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri 4 Purwokeeto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa dapat dipengaruhi oleh media pembelajaran PowerPoint interaktif yang digunakan. Penggunaan media pembelajaran interaktif Powerpoint mampu mempengaruhi tingkat pemahaman matematika siswa dengan indikator yang diujikan. Siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional mempunyai pemahaman yang cukup meskipun hanya mampu menguasai beberapa indikator yang diujikan. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa pengaruh media pembelajaran interaktif PowerPoint terhadap pemahaman matematika siswa pada materi statistika seperti mean, median dan modus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Statistika; Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran Interaktif; Powerpoint |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Nur Pebriana |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:26 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27090 |
Actions (login required)
View Item |