PENDIDIKAN SEKS ISLAMI BAGI ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KABUPATEN PURBALINGGA (Studi Multi Kasus pada Taman Kanak-kanak di Kabupaten Purbalingga)

Budi, Sasono (2024) PENDIDIKAN SEKS ISLAMI BAGI ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KABUPATEN PURBALINGGA (Studi Multi Kasus pada Taman Kanak-kanak di Kabupaten Purbalingga). Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Budi_SIDANG TERBUKA_REVISI_20_JULI - Watermark (1).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat pendampingan orang tua mengenai persoalan seksualitas dalam masyarakat karena kecenderungan seks dianggap tabu jika dibiarkan secara terbuka kepada anak usia dini, sehingga muncul multi kasus/ beberapa problem akademik yang sering terjadi pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi multi kasus. Penelitian ini bertujuan menganalisis, menemukan masalah, dan memecahkan permasalahan tentang tujuan, materi, metode, media, evaluasi serta menemukan desain pendidikan seks Islami bagi anak usia dini pada Taman Kanak-kanak di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi partisipan, observasi langsung, dokumentasi, arsip, dan perangkat fisik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan/verifikasi (drawing and verifying conlution). Adapun pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian pendidikan seks islami bagi Anak Usia Dini pada TK IT Bina Putra Mulia, TK Angkasa Lanud J.B Soedirman, dan TK Al Hikmah di Kabupaten Purbalingga yaitu sebagai berikut: Pelaksanaan pendidikan seks islami bagi anak usia dini dilaksanakan menggunakan sentra belajar/ Beyond Centers and Circles Time (BCCT). Tema pembahasan pada pembelajaran pendidikan seks islami pada anak usia dini di TK IT Bina Putra Mulia yaitu topik anggota tubuh, jenis kelamin, fungsi tubuh. TK Angkasa Lanud J.B Soedirman meliputi topik badan, jenis kelamin, menjaga diri dari orang asing dan toilet training. Pada TK Al Hikmah topik yang dibahas yaitu mulut, kulit, tangan, dan kaki. Adapun sentra pembelajaran yang ada di TK IT Bina Putra Mulia yaitu sentra persiapan, sentra alam sains, dan sentra balok. TK Angkasa Lanud J.B Soedirman yaitu sentra balok dan sentra seni dan bahan alam. TK Al Hikmah meliputi sentra seni, sentra iman dan taqwa, sentra alam cair dan sentra persiapan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Islami, Pendidikan Seks, Penelitian Kualitatif, Taman Kanak-kanak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.3 Sex Psychology
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:21
Last Modified: 02 Sep 2024 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27028

Actions (login required)

View Item View Item