NILAI MORAL PADA KISAH BINATANG DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU'I MELALUI ANALISIS HERMENEUTIKA DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN)

RISA NAELATUS, SYIFA (2024) NILAI MORAL PADA KISAH BINATANG DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU'I MELALUI ANALISIS HERMENEUTIKA DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISA NAELATUS SYIFA_NILAI MORAL PADA KISAH BINATANG DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU'I MELALUI ANALISIS HERMENEUTIKA DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berawal dari pandangan bahwa Al-Qur’an itu selalu relevan pada setiap waktu dan tempat. Kita sebagai umat Islam diharuskan untuk selalu mempelajari hingga menafsirkan Al-Qur’an sesuai dengan konteks sosial dan sejarah. Seringkali manusia baru menyadari bahwa Al-Qur’an merupakan solusi atas semua permasalahan yang ada pada dirinya. Khususnya pada kisah binatang, ini merupakan bagian dari makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT yang mempunyai peran cukup penting dalam menjaga kelestarian alam disekitarnya. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan untuk mengkaji lebih lanjut tentang bagaimana nilai moral yang ada pada kisah binatang dalam Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian Al-Qur’an yang menjadikan Al Qur’an sebagai objek dari kajian, sehingga sumber rujukan utama dan pertamanya adalah kitab suci Al-Qur’an dengan fokus pada ayat-ayat yang berbicara tentang kisah binatang. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penafsiran Maudhu’i (tematik) kemudian disajikan dengan teori Double Movement Fazlur Rahman terhadap nilai ideal moral yang dikontekstualisasikan pada saat ini. Hasilnya, ditemukan ada sebelas surat dengan dua puluh ayat dari total delapan binatang yang mengandung pelajaran untuk manusia sendiri atau berkelompok. Di antaranya yaitu: semut, lalat, lebah, laba-laba, burung hud-hud, keledai, kera, dan anjing. Dari semuanya itu mengandung adanya nilai moral pada kisah bintang yang menunjuk pada perilaku baik buruk manusia yang disamakan dengan binatang, kisah binatang yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dengan berbagai macam gaya bahasa yang mudah dipahami seperti sifat-sifat yang ada pada kehidupan binatang, kedekatan sifat binatang dengan manusia, serta kebutuhan yang digunakan manusia terhadap binatang dalam Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, Moral, Binatang, Tafsir Maudhu'i, Double Movement
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Risa Naelatus Syifa
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:37
Last Modified: 02 Sep 2024 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27027

Actions (login required)

View Item View Item