ANALISIS STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN LIFE SKILL ENTREPRENEUR (Studi Komparatif Pondok Pesantren Darussalam Banyumas dan Pesma An-Najah Purwokerto)

Gebyar Cahya, Aditya (2024) ANALISIS STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN LIFE SKILL ENTREPRENEUR (Studi Komparatif Pondok Pesantren Darussalam Banyumas dan Pesma An-Najah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gebyar Cahya Aditya_1917201055.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di kabupaten Banyumas terdapat banyak sekali pondok pesantren yang diantaranya pondok pesantren mitra UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri purwokerto terdapat 33 Pondok Pesantren, tetapi hanya 11 pondok pesantren yang memiliki berbagai macam unit bisnis dan yang mengelola unit bisnis tersebut para santri itu sendiri. Pondok Pesantren Darussalam dan Pesma An-Najah yang merupakan sebagai pemberdaya ekonomi yang berada di pondok pesantren dengan melalui life skill santrinya itu sendiri. Pondok pesantren Darussalam dan Pesma An-Najah melihat peluang pemberdayaan dengan melakukan pengembangan life skill baik kepada santrinya, pemberian keterampilan tersebut dimaksudkan agar para santri yang menempuh pendidikan dapat memiliki skill ketika lulus dan terjun ke masyarakat. Kebanyakan pesantren hanya terfokus pada peningkatan keilmuan keagamaan santri sehingga melupakan kemampuan lain yang bisa menjadi bekal hidup ketika mendapatkan situasi yang tidak terduga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan yang terdapat di pondok pesantren an najah dan pondok pesantren darussalam yaitu dengan pelatihan tentang berbisnis yang didampingi langsung oleh pembina ataupun pengurus. hal ini dilakukan agar para santri mengetahui bagaimana konsep dalam berbisnis. Dalam proses pemberdayaan life skill entrepreneur yang dilakukan oleh pondok pesantren Darussalam dan pondok pesantren mahasiswa an najah ditemukan beberapa perbedaan yakni untuk proses recruitment para santri pesantren mahasiswa an najah dengan menggunakan pamflet ataupun pengumuman yang di share melalui grup santri. Sedangkan di pondok pesantren darussalam untuk proses perekrutan itu sendiri dengan cara ditunjuk langsung oleh koordinator darussalam business center dengan izin dari pembina langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Pondok Pesantren Darussalam, Pesantren Mahasiswa An-Najah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Gebyar Cahya Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:51
Last Modified: 09 Aug 2024 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item View Item