PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MAN 2 BANYUMAS

Bangkit, Tri Handoko (2024) PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MAN 2 BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BANGKIT_TESIS_Fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menjalankan peran sebagai Kepala Madrasah, strategi yang tepat diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di madrasah. Hal ini mencakup penciptaan lingkungan yang kondusif, memberikan dorongan positif kepada staf madrasah, dan menerapkan model pendidikan yang menarik. Sebagai seorang manajer, Kepala Madrasah memiliki tanggung jawab atas proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian seluruh upaya organisasi untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif. Peran Kepala Madrasah sebagai pengelola memiliki dampak besar dalam pengelolaan manajemen madrasah, di mana kesuksesan pencapaian tujuan madrasah dapat dipengaruhi oleh cara Kepala Madrasah menjalankan fungsi manajemen dalam konteks madrasah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: mengetahui analisis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MAN 2 Banyumas dan mengetahui analisis pelaksanaan Total Quality Management (TQM) pada Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MAN 2 Banyumas. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Dalam konteks Total Quality Management (TQM) di MAN 2 Banyumas, penilaian kinerja Kepala Madrasah melalui beberapa tahapan. Pertama, pengawas madrasah melakukan sosialisasi kebijakan terkait Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Selanjutnya, penyampaian instrument PKKM dilakukan, diikuti dengan simulasi aplikasi PKKM. Kedua, Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MAN 2 Banyumas terdiri dari beberapa tahap. Pertama, dimulai dengan pemaparan program atau indikator kerja yang dilakukan oleh Kepala Madrasah. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan bukti fisik yang sesuai dengan indikator kerja yang telah ditetapkan. Terakhir, dilakukan penentuan skor atau nilai dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Ketiga, Evaluasi Hasil Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MAN 2 Banyumas meliputi beberapa langkah. Pertama, dilakukan pelaporan hasil penilaian kinerja Kepala Madrasah. Selanjutnya, hasil dari PKKM dievaluasi untuk mengevaluasi kinerja Kepala Madrasah secara keseluruhan. Terakhir, tindak lanjut dilakukan dengan melibatkan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), seperti mengikuti program Diklat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Kepala Madrasah, Total Quality Management
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Bangkit Tri Handoko
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:05
Last Modified: 25 Jul 2024 06:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

View Item View Item