PESAN DAKWAH PADA PROGRAM ACARA TASBIH DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PURWOKERTO (ANALISIS ISI MENURUT KRIPPENDORFF)

Ratri Firda, Mawarni (2024) PESAN DAKWAH PADA PROGRAM ACARA TASBIH DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PURWOKERTO (ANALISIS ISI MENURUT KRIPPENDORFF). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RATRI FIRDA MAWARNI 1817102036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dilihat dari banyaknya media yang sering digunakan oleh manusia, membuat akhir-akhir ini teknologi terlihat berkembang dengan cukup cepat. Di Indonesia, teknologi berperan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam komunikasi terbuat sebuah alat komunikasi yang bernama media. Hal-hal yang termasuk ke dalam media massa adalah film, televisi, diagram, media cetak, komputer, radio, dan lain-lain. Radio Republik Indonesia sudah cukup populer di Indonesia. RRI Purwokerto bersifat independen dan tidak komersial, hal ini bertujuan untuk memberikan siaran hiburan, memberikan informasi, kesehatan, keagamaan, pendidikan, dan pembelajaran sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang dipilih untuk menjawab permasalahan meliputi: jenis dan pendekatan penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data (didalamnya terdapat observasi, dokumentasi, dan wawancara), dan teknik analisis data. Dari sini peneliti menyimpulkan bahwa program acara tasbih merupakan program acara mingguan yang disiarkan secara langsung yang dimana ad a pemateri untuk mengisi acara tasbih. Pada acara tasbih juga mengadakan sesi tanya jawab dengan pendengar, biasanya pendengar bisa bertanya seputar materi yang telah dibagikan dengan cara menghubungi nomor yang tersedia. . Pada penelitian ini terdapat 1 pesan aqidah, 3 pesan syariah, dan 2 pesan muamalah. Jadi pada acara tasbih terdapat pesan-pesan dakwah yang di dapatkan oleh pendengar RRI Purwokerto. Kata kunci: Dakwah, Radio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Radio.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ratri Firda Mawarni
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:39
Last Modified: 25 Jul 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item