Implementasi Strategi Membacakan Buku Cerita, Marching Band, dan Proyek Unggulan Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas

Aji Nur, Shofiah (2024) Implementasi Strategi Membacakan Buku Cerita, Marching Band, dan Proyek Unggulan Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Diponegoro 135 Karangsalam Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas. Masters thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AJI NUR SHOFIAH(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan masa depan anak sangat dipengaruhi oleh kreativitas. Anak yang memiliki kreativitas cenderung memandang tantangan dengan cara yang unik dan inovatif yang memungkinkan mereka menemukan solusi yang lebih efektif dan mengoptimalkan potensinya. Mengembangkan kreativitas di usia dini di fase golden age adalah suatu hal yang tepat. Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi pendidikan selanjutnya dan peran guru dalam hal ini sangat penting. Kontruktivisme teori pembelajaran yang berpendapat bahwa manusia menghasilkan pengetahuan dan makna dari interaksi antara ide-ide dan pengalaman yang dimiliki. Pembelajaran berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator, pembelajaran kontekstual yang melibatkan kolaborasi dan interaksi sosial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menganalisis strategi guru RA Diponegoro 135 Karangsalam dalam mengembangkan kreativitas anak dengan kegiatan pembelajaran membacakan buku cerita, marching band serta proyek unggulan (Membacakan Buku Cerita, Marching Band dan Proyek Unggulan). Metode dalam penelitian ini kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan kepala sekolah RA Dipinegoro 135 Karangsalam. Hasil dalam penelitian ini yaitu melalui kegiatan membacakan buku cerita, marching band dan kegiatan proyek unggulan efektif mengembangkan kreativitas anak usia dini. Dengan membacakan buku cerita secara rutin anak lebih antusias melihat dan membaca buku sehingga terbentuk karakter anak yang suka bertanya, dalam bahasa keseharian menggunakan bahasa yang baku. Akhirnya anak akan mencintai buku dan termotivasi bisa membaca agar dapat mengetahui cerita dalam buku. Dengan kegiatan marching band yang proses berlatihnya memakan waaktu lama, tenaga dan fokus anak merangsang perkembangan motorik anak, kreativitas dan kesadaran musik pada anak. Kreativitas yang muncul anakmampu menemukan solusi permasalahnnya, kerjasama dan percaya diri. Begitupula dengan kegiatan proyek unggulan anak mampu bekerjasama, berinovasi dan adaptasi. Kata Kunci : Strategi, Kreativitas, Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak Usia Dini
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Aji Nur Shofiah
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:12
Last Modified: 24 Jul 2024 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26841

Actions (login required)

View Item View Item