IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARSARI KULON KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Anggita, Tri Agustina (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARSARI KULON KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANGGITA TRI AGUSTINA_IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARSARI KULON KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan baru yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi meluncurkan Kurikulum Merdeka. Guru yang merupakan fasilitator pendidikan, memiliki acuan dalam pembelajaran berupa kurikulum yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Kurikulum Merdeka Belajar menjadi bentuk penyempurnaan kurikulum 2013 yang sebelumnya diterapkan, untuk memulihkan pembelajaran setelah Covid-19 yang memberikan dampak cukup signifikan di dalam pendidikan Orientasi Kurikulum Merdeka Belajar adalah OBE (Outcome based education). Kurikulum Merdeka Belajar menyempurnakan proses pembiasaan karakter siswa dengan profil pelajar Pancasila. Pendidikan sekolah dasar bisa dijadikan tempat penerapan nilai-nilai Pancasila . Hal itu memiliki alasan bahwa masa sekolah dasar akan lebih mudah untuk menerapakan nilai-nilai Pancasila. Salah satu sekolah yang menerapkan misi sekolah menggunakan Pancasila adalah SDN 1 Banjarsari Kulon. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Banjarsari Kulon. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum direncanakan oleh guru dengan baik sehingga proses pelaksanaan pembelajaran daring dapat dilaksanakan dengan baik. Perencanaan dilakukan oleh guru untuk dapat memilih metode yang dapat digunakan selama proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar agar materi dapat disampaikan oleh guru kepada siswa dengan baik. Penggunaan variasi pembelajaran yang inovatif oleh guru dapat memudahkan siswa dan orang tua menjangkau kegiatan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, SDN 1 Banjarsari Kulon
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANGGITA TRI AGUSTINA sdri
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:42
Last Modified: 24 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item