EVALUASI PROGRAM VOCATIONAL LIFE SKILL MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MAN 2 BANYUMAS

Nailis Syafi'ah, Nailis (2024) EVALUASI PROGRAM VOCATIONAL LIFE SKILL MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MAN 2 BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS FINAL FULL TEXT NAILIS SYAFI'AH 224120500003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Vocational skill ini merupakan program yang diintegrasi dalam mata Pelajaran atau masuk dalam muatan lokal madrasah atau intrakulikuler sehingga tentu tetap adanya RPP dan program kerja seperti KBM lainnya. Sejalan dengan visi nya yaitu madrasah yang unggul oleh karena itu bisa menjadi gambaran bahwa madrasah MAN 2 Banyumas mempunyai keunikan/kelebihan. Menjadikan madrasah yang unggul bukan hanya namanya saja tetapi benar-benar unggul memiliki lulusan peserta didiknya yang bisa kuliah dan juga punya bekal ketrampilan untuk bekerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Program Vocational Life skill Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di MAN 2 Banyumas. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pelaksanaan program vokasi life skill di MAN 2 Banyumas terdiri dari Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Program Teknik Pendingin, Program Teknik Komputer dan Jaringan, Program Kriya Kayu dan Rotan, Desain interior dan produk furnitur, Tata busana, Akuntansi keuangan lembaga, dan Tata boga. Proses pembelajaran keterampilan memakan waktu 7 jam pelajaran per-minggu dan sudah disamakan seperti mata pelajaran lainnya. Pelaksanaan pembelajaran program vokasi memiliki komposisi 70% praktik dan 30% teori. Program vocational life skill di MAN 2 Banyumas dirancang untuk memberikan keterampilan praktis kepada siswa, mempersiapkan mereka untuk masuk ke dunia kerja. Evaluasi ini menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai efektivitas program tersebut. Metode evaluasi CIPP terdiri dari empat komponen utama: 1) Context (Konteks): Menilai latar belakang, kebutuhan, dan tujuan program. 2) Input (Masukan): Menilai sumber daya dan strategi yang digunakan dalam program. 3) Process (Proses): Menilai implementasi dan pelaksanaan program. 4) Product (Produk): Menilai hasil dan dampak program. KATA KUNCI: Evaluasi; Vocational Life skill; Model CIPP; Madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Vocational Life skill; Model CIPP; Madrasah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nailis Syafi'ah
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:37
Last Modified: 24 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item