PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LEMBAGA PAUD: STUDI KOMPARASI PADA RA DIPONEGORO 58 BABAKAN KARANGLEWAS BANYUMAS DAN TK TUNAS BANGSA ADIREJAKULON ADIPALA CILACAP

Deva Mega, Istifarriana (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LEMBAGA PAUD: STUDI KOMPARASI PADA RA DIPONEGORO 58 BABAKAN KARANGLEWAS BANYUMAS DAN TK TUNAS BANGSA ADIREJAKULON ADIPALA CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEVA MEGA ISTIFARRIANA_PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LEMBAGA PAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kokurikuler berbasis projek yang dilakukan diluar jam pembelajaran intrakurikuler untuk menguatkan karakter yang sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila. Salah satu kegiatan yang sudah terlaksana di RA Diponegoro 58 Babakan Karanglewas Banyumas dan TK Tunas Bangsa Adirejakulon Adipala Cilacap menjadi aksi nyata Kurikulum Merdeka serta telah melaksanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, bagaimana pembentukan karakter anak usia dini melalui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan komparasi pembentukan karakter anak usia dini melalui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di RA Diponegoro 58 Babakan Karanglewas Banyumas dan TK Tunas Bangsa Adirejakulon Adipala Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif pendekatan komparatif, oleh karena itu metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di RA Diponegoro 58 Babakan Karanglewas Banyumas dan TK Tunas Bangsa Adirejakulon Adipala Cilacap melalui: (1) membentuk tim fasilitator, (2) mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah, (3) merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, (4) menyusun modul projek, dan (5) merancang strategi pelaporan projek. Karakter yang terbentuk di RA Diponegoro 58 Babakan Karanglewas Banyumas dan TK Tunas Bangsa Adirejakulon Adipala Cilacap yaitu (1) Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, (2) Berkebhinekaan Global, (3) Bergotong Royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar Kritis, dan (6) Kreatif. Pembentukan karakter anak usia dini sesuai dengan konsep pendidikan karakter Thomas Lickona. Thomas Lickona mengemukakan bahwa pendidikan karakter tidak hanya melibatkan pengajaran nilai-nilai moral, tetapi juga mencakup pengembangan aspek emosional dan tindakan moral. Konsep ini terdiri dari tiga komponen utama: pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), dan tindakan moral (moral action).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter Anak Usia Dini, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Deva Mega Istifarriana
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:13
Last Modified: 23 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item