PENGALAMAN SANTRI DALAM RITUAL PEMBACAAN QS. AL-AN’AM AYAT 103 DI PP. AL MUTA’ABBIDIIN TINGGARJAYA, JATILAWANG, BANYUMAS

Akhmad, Ainun Najib (2024) PENGALAMAN SANTRI DALAM RITUAL PEMBACAAN QS. AL-AN’AM AYAT 103 DI PP. AL MUTA’ABBIDIIN TINGGARJAYA, JATILAWANG, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - AKHMAD AINUN NAJIB.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembacaan QS. Al An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al Muta’abbidiin Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas adalah tradisi yang unik. Pembacaan ini dilakukan sebagai media mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan mengharapkan ridho-Nya, mengharapkan terciptanya rasa aman, nyaman, ketenangan hidup, waspada serta selamat dunia-akhirat. Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelaah shalat wajib (maktubah) berjama’ah, tepatnya setiap ba’da shubuh dan maghrib. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengalaman santri dalam ritual pembacaan QS. Al-An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al Muta’abbidiin, Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas? dan bagaimana makna dari ritual rembacaan QS. Al-An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al Muta’abbidiin, Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengalaman santri dan menjelaskan makna pembacaan QS. Al-An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al-Muta’abbidiin Jatilawang. Penelitian ini merupakan penelitian Living Qur’an dengan menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tiga Teknik tersebut data yang diperoleh akan dianalisis. Hasil penelitian dari skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, praktek pembacaan QS. Al An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al Muta’abbidiin Tinggarjaya dilakukan setiap hari setelah shalat wajib (maktubah) berjamaah, tepatnya setiap ba’da shubuh dan maghrib. Kedua, berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis, makna tradisi pembacaan QS. Al An’am ayat 103 di Pondok Pesantren Al Muta’abbidiin Tinggarjaya Jatilawang adalah Sebagai bentuk mendekatkan diri pada Allah Swt., pengharapan barokah dan fadhilah QS. Al An’am ayat 103 yang telah dibacanya, dan sebagai media untuk membentuk pribadi santri yang amanah, istiqamah, ikhlas, taat dan semangat mengharap ridho dari Allah Swt serta gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Tradisi, Pembacaan QS. Al An’am
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: AKHMAD AINUN NAJIB
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:25
Last Modified: 23 Jul 2024 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item