ADUN, PRIYANTO (2024) Konsep dan Implementasi Sekolah Ramah Anak pada Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Ibnu Sina Cilacap. Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Adun Priyanto__Konsep dan Implementasi Sekolah Ramah Anak pada Yayayasan Pendidikan Islam dan Sosial Ib (1).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dimensi socio spiritual-religious Sekolah Ramah Anak di YAPISIS Cilacap mengeksplorasi konsep dan implementasi layanan pendidikan Islam pada socialcare sebagai ibadah sosial, menawarkan prevensi stereotip kekerasan pada pendidikan. Penelitian bertujuan mengadaptasi kualitas karakteristik menguatkan makna pemelajaran sosial Sekolah Ramah Anak (SRA) berazazkan nilai-nilai Islami, sosial-kemanusiaan, struktur sosial, praksis pola budaya, sesuai keunggulan sekolah sebagai ekosistem pendidikan dan fase tumbuh kembang murid. Penelitian kualitatif dengan metode etnografi memfokuskan konsep dan implementasi SRA di YAPISIS Cilacap pada TK Islam Al Azhar 16 Cilacap, SD Islam Al Azhar 16 Cilacap, SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data memakai perpanjangan observasi dan triangulasi data, teknik analisis data menerapkan alur maju bertahap spradley untuk memahami secara komprehensif dinamika budaya di setiap unit pendidikan YAPISIS Cilacap. Hasil penelitian mengungkapkan model: (1) Konsepsi SRA YAPISIS Cilacap bedasarkan paradigma fitrah an-nās pada relasi trianguler murid dan pendidik dengan menciptakan lingkungan belajar ramah anak; (2) Implementasi SRA memenuhi aspek content-context pembelajaran Prime Kurikulum berpendekatan Student-centered and Empowering dalam pembelajaran-pembiasaan menggunakan metode sentuh, bangkit, tumbuh, dan tercerahkan di setiap socialcare kolaboratif sociospiritual laboratory untuk membentuk, mengembangkan, dan menguatkan akhlak sosial sebagai identitas baru sekolah; (3) SRA berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan jiwa warga sekolah, melahirkan rasa bangga pada organisasi meningkatkan handarbeni warga sekolah, mendorong capaian prestasi komprehensif murid pada karakter keadaban. (4) Mereformulasi menjadi model Sekolah Ramah Anak Islami sebagai alternatif pendidikan humanspiritualistik, berfokus subjek empowering murid pada elemen berdaya, tindakan, dukungan, evaluasi melalui penerapan kurikulum terintegrasi dan berbasis local wisdom.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary |
Depositing User: | Adun Priyanto |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26773 |
Actions (login required)
View Item |