PERAN MEDIASI DIGITAL COMPETITIVE ADVANTAGE TERHADAP KEBERLANJUTAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI JAWA TENGAH

Yoiz, Shofwa Shafrani (2024) PERAN MEDIASI DIGITAL COMPETITIVE ADVANTAGE TERHADAP KEBERLANJUTAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI JAWA TENGAH. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Desertasi Yoiz Shofwa 201771030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) secara kuantitatif berkembang pesat. Hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa keuangan semakin meningkat akan tetapi akses pada lembaga keuangan perbankan relatife sulit . Selain itu ada beberapa kasus fraud yang dialami oleh LKMS, antara lain adanya penyelewengan dana anggota oleh karyawan bahkan juga penyelewengan dana oleh pihak manajeman. Adanya perbedaan hasil penelitian dari inovasi layanan dan keberlanjutan LKMS juga mendukung untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi adanya kesenjangan hasil penelitian terkait peran inovasi layanan guna meningkatkan keberlanjutan LKMS. Konsep keunggulan bersaing digital yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan hasil sintesis dari teori keunggulan bersaing, inovasi layanan digital dan koperasi yang berbasis digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi dan survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 83 LKMS. Penelitian ini menggunakan tehnik pengambilan sampel secara purposive sampling. Adapun kriteria responden yang dijadikan sampel di antaranya LKMS menerapkan digital di dalam kegiatan operasionalnya, LKMS yang beroperasional di atas 5 tahun. Hasil penelitian ini membuktikan 1) Inovasi layanan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing digital. 2) Inovasi layanan berpengaruh positif terhadap kualitas SDM. 3) Inovasi layanan berpengaruh positif terhadap modal sosial, 4) Inovasi layanan tidak berpengaruh positif terhadap keberlanjutan LKMS. 5) Keunggulan bersaing digital berpengaruh positif terhadap keberlanjutan LKMS. 6) Kualitas SDM berpengaruh positif terhadap keberlanjutan LKMS. 7) Modal sosial tidak berpengaruh positif terhadap keberlanjutan LKMS. 8) Keunggulan bersaing digital memediasi pengaruh antara inovasi layanan terhadap keberlanjutan LKMS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi layanan tidak berpengaruh langsung terhadap keberlanjutan LKMS tetapi jika melalui keunggulan bersaing digital maka inovasi layanan berpengaruh secara positif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:53
Last Modified: 23 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item