PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL MARKETING BERBASIS DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI PESERTA DIDIK SMK BERBASIS PESANTREN

Sutadi, Sutadi (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL MARKETING BERBASIS DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI PESERTA DIDIK SMK BERBASIS PESANTREN. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DISERTASI LENGKAP_SUTADI_214130100002 blm diupload.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berawal masih belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran digital marketing bagi peserta didik di SMK berbasis pesantren, maka diperlukan model pembelajaran digital marketing. Perlunya penyesuaian terhadap penerapan kurikulum merdeka pada pendidikan kejuruan yang berorientasi pengembangan keterampilan digital marketing. Perkembangan pesat dan canggih teknologi digital belum dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang pembelajaran digital marketing. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran digital marketing yang telah dilaksanakan; 2) mengembangkan model pembelajaran digital marketing berbasis digital entrepreneurship; dan 3) mengetahui tingkat keefektifan model pengembangan digital marketing berbasis digital entrepreneurship bagi peserta didik SMK berbasis pesantren. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Populasi penelitian ini meliputi semua SMK berbasis Pesantren yang memiliki Program Keahlian Pemasaran di Kabupaten Kebumen, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Purworejo yang berjumlah 10 SMK. Penentuan jumlah sampel dihitung dengan rumus Slovin diperoleh sampel 3 SMK. Teknik sampling dilakukan menggunakan custom random sampling karena sampel hanya diambil kelas 11 (sebelas) pemasaran di setiap Kabupaten yaitu SMK Plus Nururrohmah Kuwarasan Kebumen, SMK 2 Al Hikmah 1 Sirampog Brebes dan SMK Ma’arif NU 1 Bener Purworejo. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase, kategorisasi dan deskriptif secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran digital marketing yang telah dilaksanakan: a) belum optimal pada perencanaan pembelajaran; (b) belum optimal pelaksanaan pembelajaran digital marketing pada guru dan peserta didik; dan c) belum menggunakan model pembelajaran digital marketing yang tepat; 2) pengembangan model pembelajaran digital marketing berbasis digital entrepreneurship telah dilakukan uji ahli perangkat pembelajaran dengan hasil 97,7 % pada kategori efektif, uji ahli materi pembelajaran sebesar 92,85 pada kategori efektif. Adapun hasil uji coba terbatas sebesar 82,69% pada kategori baik dan uji coba luas sebesar 90,38 % pada kategori baik; 3) Hasil uji efektifitas model pengembangan digital marketing berbasis digital entrepreneurship sebesar 64,25 % pada kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:51
Last Modified: 23 Jul 2024 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item