SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH CABANG MOGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG (1967-2022)

Abas, Rosadi (2024) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH CABANG MOGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG (1967-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saefuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABAS ROSADI_SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH CABANG MOGA KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG (1967-2022).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah dan perkembangan Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Moga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang tahun 1967-2022. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang menekankan pada empat tahap metode sejarah yaitu heuristik (tahap mencari, menemukan dan mengumpulkan sumber sejarah), verifikasi atau kritik sumber (tahap menguji keaslian dan keabsahan sumber sejarah), interprestasi (tahap menafsirkan fakta-fakta sejarah) dan historiografi (tahap penulisan sejarah). Adapun, untuk pendekatannya menggunakan pendekatan sosiologis dengan berbasis teori gerakan sosial tentang teori mobilisasi sumber daya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah sudah ada di Kecamatan Moga sejak tahun 1932. Hal tersebut ditandai dengan datangnya Bapak Rifa’i seorang pendakwah dari Tegal. Namun, secara bukti tertulis menyebutkan bahwa Cabang Muhammadiyah di Kecamatan Moga diresmikan pada tahun 1967. Perkembangan Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Moga dapat dikatakan cepat, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Terdapat lima sekolah yang dikelola oleh Cabang Muhammadiyah di Moga. Sedangkan dalam bidang kesehatan, Cabang Muhammadiyah Moga memiliki dua rumah sakit. Dalam bidang keagamaan, Cabang Muhammadiyah Moga memiliki dua masjid. Serta dalam bidang sosial, Cabang Muhammadiyah Moga memiliki satu panti asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Amal Usaha, Muhammadiyah, Moga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Abas Rosadi
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:36
Last Modified: 23 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item