STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA DIPONEGORO TAMBAKSOGRA

Aiendha, Noer Prawita (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA DIPONEGORO TAMBAKSOGRA. Skripsi thesis, UIN. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ARIENDHA NOER PRAWITA_STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA DIPONEGORO TAMBAKSOGRA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam mengajarkan Bahasa Jawa pada anak usia dini kelompok B di RA Diponegoro Tambaksogra. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mengajarkan Bahasa Jawa pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan Bahasa Jawa pada anak usia dini di RA Diponegoro Tambaksogra untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah RA Diponegoro Tambaksogra. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala sekolah, guru kelas, peserta didik kelompok B, dan prang tua atau wali siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan Teknik analisis data yaitu, reduksi data yang mengumpulkan hasil wawancara dan observasi, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dimana peneliti melakukan kebenaran data yang telah diterima, dan triangulasi waktu dimana peneliti melakukan pengumpulan data dalam waktu situasi yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru dalam mengajarkan Bahasa Jawa pada proses pembelajaran RA Diponegoro Tambaksogra adalah dengan kegiatan pertama, berhitung 1-10 dengan bahasa Jawa. Kedua, bernyanyi lagu sederhana yang berjudul Sugeng Enjing, Suwe Ora Jamu, dan Padang Bulan. Ketiga, bercerita atau mendongeng cerita Bahasa Jawa dengan judul Kancil Lan Baya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pengajaran Bahasa Jawa, Strategi Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ariendha Noer Prawita
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:39
Last Modified: 23 Jul 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item