EDI, PRAYITNO (2024) PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH PADA ERA MODERN DI MTS NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
EDI PRAYITNO_PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH PADA ERA MODERN DI MTS NEGERI 3 BANYUMAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika peserta didik dalam maharoh kitabah pada era modern di MTs Negeri 3 Banyumas. Penelitian iniamerupakan penelitianakualitatif dengan desain pendekatan fenomenologi, yaitu suatu pendekatan dimana peneliti melakukan observasi terhadap pengalaman yang terjadi pada hidup partisipan tersebut. Populasiapadaapenelitianainiaadalah siswa-siswi MTs Negeri 3 Banyumas kelas VII Sampai IX tahun pelajaran 2023/2024. Sample pada penelitian in adalah siswa-sisw kelas VII. Teknikapengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan data dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa: 1) Problematika yang dialami peserta didik Adanya perbedaan latar belakang pendidikan peserta didik sebelum masuk MTs Negeri 3 Banyumas, Kurang minatnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, Kurang mengenali bentu huruf atau tulisan huruf Arab, Kesulitan dalam merangkai atau menyambung kalimat. 2) Solusi yang dapat dilakukan siswa atas permasalaan tersebut antara lain : memperbanyak latihan-latihan menulis bahasa Arab, Meminta bantuan atau bertanya kepada guru bahasa Arab atau teman. Solusi yang dapat dilakukan guru atas permasalaan tersebut antara lain : Mengajari peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyambung kalimat berbahasa Arab harus dengan sabar, Mendorong peserta didik agar tidak menganggap belajar bahasa Arab, khususnya menulis Arab sebagai beban. Implikasi dalam penelitian ini yaitu bagi peserta didik di MTs Negeri 3 Banyumas kelas VII untuk lebih menumbuhkan semangat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab khususnya menulis bahasa Arab. Bagi guru memberikan bahan evaluasi dalam meningkatkan sistem dalam pembelajaran menulis. Bagi peneliti yang akan datang, bisa dijadikan referensi dalam melakukan penelitian serta memahami pengelolaan pembelajaran bahasa Arab siswa MTs Negeri 3 Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematika, siswa, maharoh kitabah |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset 000 Generalities > 080 General collections 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Edi Prayitno sdr |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |