IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI NEGERI 1 BANYUMAS

Akmalia, Umami Al Fatah (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Akmalia Umami Al Fatah_2017405096_Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Negeri 1 Banyumas. Karakter merupakan nilai utama seseorang terdapat dalam kepribadiannya dan karakter tersebut terbentuk karena adanya pengaruh hereditas ataupun karena pengaruh lingkungannya dan karakter menentukan kualitas seseorang individu dengan individu lainnya dan dimanifestasikan ke dalam perilaku kehidupan sehaari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik pada pembelajaaran Akidah Akhlak di MI Negeri 1 Banyumas sudah dilakukan berjalan dengan sangat baik. Pelaksanaaan pada pembelajaran akidah akhlak terdiri atas kegiatan persiapan, kegiataan inti/pelaksanaan serta evaluasi pembelajaan. Pembentukan karakter dengan 6 aspek dimensi yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak mulia; berkebhinekaan global; gotong royong; mandiri; bernalar kritis dan kreatif. Pembelajaran berjalan dengan efektif dan untuk menunjang pembentukan karakter peserta didik diberlakukannya program-program dari sekolah dengan melakukan pembiasaan pagi untuk menjadikan karakter religius, disiplin, bertanggung jawab, peduli sosial, mandiri, serta kreatif. Peneliti sampai pada kesimpulan bahwa kebijakan penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di MI Negeri 1 Banyumas telah dilaksanakan dengan baik dengan indikator-indikator yang telah diamati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Karakter, MI Negeri 1 Banyumas, Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AKMALIA UMAMI AL FATAH sdri
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:53
Last Modified: 22 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item View Item