IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN JUZ 30 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MI AL-FATAH DONAN

Umi, Mahmudah (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN JUZ 30 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MI AL-FATAH DONAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Umi Mahmudah_Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Juz 30 bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Al-Fatah Donan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program tahfidz Al-Qur’an merupakan program yang dibentuk dengan bertujuan untuk menjaga, memelihara, dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan keipada Rasulullah agar tidak teirjadi perubahan dan pemalsuan seirta dapat menjaga dari kelupaan. Baik secara keseluruhan maupun sebagian. MI Al-Fatah Donan merupakan sekolah swasta yang mengadakan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 bagi seluruh siswa yang didalamnya termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala madrasah dan guru tahfidz. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dilaksanakan dengan menentukan target hafalan, menentukan waktu hafalan, menentukan waktu pembelajaran tahfidz, serta menentukan metode hafalan. (2) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dimulai dengan berwudlu bersama-sama, berdoa, membaca do’a yaitu surah al-Fatihah, doa untuk kedua orang tua dan kemudian senam kecil dan pemberian motivasi dari guru taḥfīz, murojaah bersama. Kemudian dilanjutkan dengan menghafalkan dan menyetorkan hafalan. (3) Evaluasi hafalan yang terdiri atas evaluasi harian dan evaluasi per semester. Evaluasi digunakan untuk mengukur dan menilai kemampuan ABK dalam menghafalkan Al-Qur’an juz 30. (4) Faktor pendukung dari program tersebut yaitu guru pengampu tahfidz, orang tua, dan pembelajaran yang fleksibel dan adaptif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor lingkungan diluar sekolah, kesehatan, dan fokus dan mood belajar ABK. Kata Kunci: Program Tahfidz Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus, MI Al-Fatah Donan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus, MI Al-Fatah Donan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Mahmudah
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:36
Last Modified: 23 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26708

Actions (login required)

View Item View Item