KONSEP BARAKAH DALAM AL-QUR'AN (STUDI AYAT-AYAT BARAKAH DALAM TAFSIR AL MISBAH DENGAN PENDEKATAN TEORI DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN)

Intan, Sapuytri (2024) KONSEP BARAKAH DALAM AL-QUR'AN (STUDI AYAT-AYAT BARAKAH DALAM TAFSIR AL MISBAH DENGAN PENDEKATAN TEORI DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Intan Sapuytri (1717501015).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kesalahpahaman dalam mamahami makna barakah. Masyarakat dalam memahami makna barakah dengan berbagai macam pemahaman sehingga dalam memahaminya menimbulkan kebingungan. Karena adanya kata barakah dalam Al-Qur’an sehingga menarik apabila konsep barakah difahami dalam Al-Qur’an, sehingga penelitian ini dilakukan dengan cara membedah tafsir yang ditulis oleh orang Indonesia yaitu M. Quraish Shihab dengan menggunakan pendekatan teori double movement. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep barakah dalam tafsir al-Misbah, 2) Bagaimana kontekstualisasi barakah dalam penafsiran M. Quraish Shihab dengan teori double movement., Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bersifat kepustakaan atau library research dan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan metode maudhu’i yaitu dengan menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan barakah dalam tafsir al-Misbah dan mengaplikasikan dengan teori double movement Fazlur Rahman. Penelitian ini menghasilkan pemahaman bahwa barakah merupakan sebuah anugerah dari Allah yang membawa kebaikan dan manfaat di dalamnya. Kata kunci: Barakah, Al-Qur’an, Tafsir Al-Misbah, Double Movement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Barakah, Al-Qur’an, Tafsir Al-Misbah, Double Movement
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.11 Asbabun Nuzul
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Intan Sapuytri
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:10
Last Modified: 22 Jul 2024 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26702

Actions (login required)

View Item View Item