PELAYANAN SOSIAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO

Amelia, Sulistiani (2024) PELAYANAN SOSIAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia Sulistiani_PELAYANAN SOSIAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS-1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru kelas/guru mata pelajaran belum dapat melayani anak berkebutuhan khusus secara maksimal. Guru kelas/guru mata pelajaran masih mengajar seperti guru di sekolah reguler pada umumnya tanpa membeda-bedakan anak hanya saja di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi terdapat add teacher/guru pendamping khusus yang membantu guru kelas/guru mata pelajaranan dalam proses pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan yang ada, peneliti melakukan serangkaian penelitian terkait pelayanan sosial di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diunakan adalah observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Dimana dari hasil penelitian tersebut menghasilkan tahap pelaksanaan asessmen pada dasarnya dilakukan dengan melibatkan psikolog atau paramedis, tahap perencanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus merupakan tahap awal yang penting dan kompleks, tahap pelaksanaan pembelajaran, guru melaksanakan program pembelajaran serta pengorganisasian anak berkebutuhan khusus di kelas regular sesuai dengan rancangan yang telah disusun, tahap pemantauan kemauan belajar dan evaluasi, kepala sekolah mengadakan evaluasi dengan melakukan pembinaan terhadap para guru yang memberikan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus terkait dengan pelayanan guru, kegiatan belajar mengajar kepada anak berkebutuhan khusus serta melakukan rapat internal setiap pekan sekali dengan managemen sekolah dan guru anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi dan tolak ukur penelitian yang akan mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus, Belajar Mengajar.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amelia Sulistiani
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:42
Last Modified: 22 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26699

Actions (login required)

View Item View Item