MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NASIONAL 3 BAHASA PUTERA HARAPAN (PUHUA SCHOOL) PURWOKERTO

Merinda, Nur Oktafia (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NASIONAL 3 BAHASA PUTERA HARAPAN (PUHUA SCHOOL) PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Merinda Nur Oktafia_Manajemen Kurikulum Berbasis Multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan (Puhua School) Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum berbasis multikultural yang efektif diperlukan untuk memastikan bahwa pendidikan mencakup aspek akademis, juga nilai-nilai toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan keterampilan antarbudaya. SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan (Puhua School) Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum multikultural dengan mengintegrasikan standar pendidikan nasional, internasional dengan nilai-nilai lokal yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum berbasis multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan (Puhua School) Purwokerto yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pada kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang akan memberikan gambaran dan pemahaman yang mendalam mengenai objek penelitian yaitu proses manajemen kurikulum berbasis multikultural. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen kurikulum berbasis multikultural terintegrasi dalam tiga pendekatan yaitu pertama, melalui pengintegrasian nilai-nilai multikultural dalam kegiatan pembelajaran, yang dirancang untuk memasukkan aspek keberagaman budaya dalam kurikulum akademik. Kedua, melalui kegiatan ekstrakurikuler yang juga bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman siswa terhadap nilai-nilai multikultural melalui aktivitas di luar jam pelajaran. Ketiga, melalui kegiatan pembudayaan dan pembiasaan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung penginternalisasian nilai-nilai multikultural dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Multikultural
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Merinda Nur Oktafia
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:19
Last Modified: 22 Jul 2024 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26690

Actions (login required)

View Item View Item