MOTIVASI PUASA SUNNAH SENIN KAMIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONTROL DIRI (Studi Kasus pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Tahun Angkatan 2019 dan 2020)

Iswatun, Khasanah (2024) MOTIVASI PUASA SUNNAH SENIN KAMIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONTROL DIRI (Studi Kasus pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Tahun Angkatan 2019 dan 2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISWA BARU PISAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki tingkatan emosi dan kontrol diri yang berbeda-beda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kontrol diri adalah dengan melakukan puasa sunnah senin kamis. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Rasulullah dalam riwayat Muslim, Abu Daud, dan Nasa’i yang menjelaskan bahwasannya pada hari senin dan kamis pintu-pintu surga akan dibuka dan hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni dosa-dosanya. Dalam melakukan puasa sunnah senin kamis tentu banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan baik secara jasmani maupun rohani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kontrol diri melalui motivasi puasa sunnah senin kamis pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Berdasarkan metode penelitiannya, data-data yang diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudia dituliskan kembali untuk ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian mengenai motivasi puasa sunnah senin kamis sebagai upaya meningkatkan kontrol diri yang studi kasusnya pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam tahun angkatan 2019 dan 2020 di Universitas Islam Negeri Purwokerto dapat diketahui bahwasanya antara motivasi, puasa sunnah senin kamis dan kontrol diri memiliki keterkaitan. Dimana motivasi sebagai pendorong, puasa sunnah senin kamis sebagai bukti dari adanya motivasi, dan kontrol diri merupakan dampak atau hasil dari puasa sunnah senin kamis yang dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Puasa Sunnah Senin Kamis dan Kontrol Diri
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ISWATUN KHASANAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:54
Last Modified: 22 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26686

Actions (login required)

View Item View Item