Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Empiris: Mahasiswa di Purwokerto)

Desvita, Maharani (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Empiris: Mahasiswa di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saisuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Desvita Maharani_Pengauh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Shopee Paylater (Studi Empiris Mahasiswa di Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan financial technology memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi seperti perubahan aksesibilitas dari offline ke online yang memudahkan pengguna dalam mengakses dan pekerjaan yang dilakukan manusia dapat dikerjakan oleh alat teknologi yang dapat menghemat biaya, tenaga kerja dan mengurangi risiko. Salah satu kemajuan fintech dalam bertransaksi yaitu paylater. Shopee Paylater merupakan layanan belanja online beli ssekarang bayar nanti yang paling banyak digunakan di Indonesia sebanyak 78 %. Layanan ini memudahkan sebagian besar anak muda terutama mahasiswa yang ingin membeli suatu produk tetapi memiliki keterbatasan dana sehingga menjadi pemicu tingginya perilaku konsumtif para pengguna Shopee Paylater terutama mahasiswa. Rumusan pada penelitian ini adalah apakah: (1) literasi keuangan perbengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (2) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (3) pengendalian diri berpengaruh negatif dan signikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, dan (4) literasi keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri secara bersama-sama berpengaruh erhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (2) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (3) pengaruh pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, dan (4) pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari pengumpulan data kuesioner melalui google form dengan purposive sampling dan menggunakan rumus wibisono untuk pengambilan jumlah sampel dan untuk uji analisis data penulis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater, dan (4) terdapat pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shopee Paylater, Literasi keuangan, Gaya hidup, Pengendalian diri, dan Perilaku konsumtif.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Desvita Maharani sdri
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:39
Last Modified: 22 Jul 2024 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26673

Actions (login required)

View Item View Item