Analisis Peran Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Aksesibilitas Layanan Pendidikan dan Layanan Kesehatan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dI Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden.

Kanaya, Salsadilla (2024) Analisis Peran Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Aksesibilitas Layanan Pendidikan dan Layanan Kesehatan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dI Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kanaya Salsadilla_Analisis Peran PKH Terhadap Aksesibilitas Layanan Pendidikan dan Kesehatan Pada KPM di Desa Kemutug Lor.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah Program pemberian bantuan sosial secara bersyarat kepada Keluarga Miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Tujuan utama dari PKH ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin. Penelitian ini melihat sejauhmana peran dari Program PKH dalam meningkatkn Akses para KPM terhadap Layanan Pendidikan serta Layanan Kesehatan. Desa Kemutug Lor, Baturraden merupakan Desa wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet. Sebagian besar penduduk Desa Kemutug Lor adalah masih tamatan SD dan juga sebagian besar masyarakat masih di kategorikan tergolong rentan miskin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana peran dari PKH sebagai program pengentasan kemiskinan bagi Keluarga Miskin di Desa Kemutug Lor. Melalui Program PKH ini, para KPM Desa Kemutug Lor didorong untuk memiki akses untuk memanfaatkan pelyanan dasar kesehatan dan layanan pendidikan. Hasil dari Penelitian ini menggambarkan bahwa selama berjalannya program PKH ini di Desa Kemutug Lor, sudah cukup terbantu para KPM untuk merubah pola hidup mereka agar sadar akan pentingnya peningkatan kesehatan dan memberi akses untuk mereka agar memudahkan memanfaatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan dari pemerintah.Dan memeberikna kesadaran bagi mereka terhadap pentingnya pendidikan bagi anak-anak para KPM. Namun sisi lain, masih ada beberapa KPM yang menggunakan dana bantuan untuk keperluan lainnya diluar kebutuhan dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan, Keluarga Penerima Manfaat,Aksesibilitas, Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: KANAYA SALSADILLA
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:08
Last Modified: 20 Jul 2024 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

View Item View Item