PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGHAFAL HADIS BAGI ANAK USIA DINI DI KELAS B1 RA PLUS JARYUL ULUM KALIPURWO KEBUMEN

Riyani, Riyani (2024) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGHAFAL HADIS BAGI ANAK USIA DINI DI KELAS B1 RA PLUS JARYUL ULUM KALIPURWO KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIYANI_PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENGHAFAL HADIS BAGI ANAK USIA DINI DI KELAS B1 RA PLUS JARYUL ULUM KALIPURWO KEBUMEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode drill dalam menghafal hadis bagi anak usia dini di kelas B1 RA Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode drill dalam menghafal hadis bagi anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode drill dalam menghafal hadis bagi anak usia dini di RA Plus Jaryul Ulum Kalipurwo. Lokasi yang diteliti yaitu RA Plus Jaryul Ulum Kalipurwo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas B1, guru pendamping kelas B1, dan peserta didik kelas B1. Objek penelitian ini yaitu penerapan metode drill dalam menghafal hadis bagi anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Untuk melakukan analisis data digunakan teknik reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan memverifikasi data dari satu sumber menggunakan beberapa metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode drill dalam menghafal hadis bagi anak usia dini di RA Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kebumen melalui beberapa langkah yang dilakukan oleh ustadzah diantaranya yaitu pertama tahap perencanaan atau persiapan yaitu mempersiapkan kurikulum. Ustadzah menggunakan buku pedoman dalam menyampaikan pembelajaran hadis yang telah disusun sesuai dengan kurikulum oleh ustadzah-ustadzah RA. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan metode drill, dalam pelaksanaannya dilakukan setiap hari senin sampai sabtu, pada awal pembelajaran, inti pembelajaran serta penutup pembelajaran. Sedangkan untuk tahap terakhir yaitu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran menghafal hadis yang dilakukan ketika akhir semester menggunakan ceklis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Drill, Menghafal Hadis, Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.4 Kumpulan Hadits Berdasarkan Derajat/ Tingkat/ Macam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Riyani Riyani
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:42
Last Modified: 20 Jul 2024 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item