PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SLB C YAKUT PURWOKERTO

Afifa Nur, Fauziyyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SLB C YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifa Nur Fauziyyah_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunagrahita Kelas VIII SLB C Yakut PWT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dimana siswa mampu berpikir secara logis dan menyelesaikan permasalahan baik dalam konteks matematika maupun kehidupan sehari-hari. Siswa tunagrahita ringan di SLB C Yakut Purwokerto memiliki kemampuan pemahaman yag rendah. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga siswa sulit memahami. Oleh karena itu, peran media pembelajaran dalam Pendidikan sangatlah penting. Melalui media pembelajaran yang baik siswa akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang valid dan efektif untuk eningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan layak digunakan, dengan hasil presentase validasi ahli materi sebesar 80%, validasi ahli media 82,5%, uji coba oleh guru matematika 86%, dan uji coba lapangan 91,3%. Selain itu, media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint juga dinyatakan efektif, dengan hasil skor N-Gain kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil skor N-Gain untuk kelas eksperimen mencapai 77,1%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 23,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media interaktif berbasis PowerPoint efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Afifa Nur Fauziyyah
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:05
Last Modified: 19 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26617

Actions (login required)

View Item View Item