PENERAPAN MODUL AL-‘ARABIYYAH ‘AlĀ AL-FAURI LINNĀŢIQĪNA BIL-MUBTADIĪNA DALAM PEMBELAJARAN MUHĀDATSAH DI LPBA AL-HIKMAH PURWOKERTO

Zulfa, Khusna (2024) PENERAPAN MODUL AL-‘ARABIYYAH ‘AlĀ AL-FAURI LINNĀŢIQĪNA BIL-MUBTADIĪNA DALAM PEMBELAJARAN MUHĀDATSAH DI LPBA AL-HIKMAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZULFA KHUSNA_PENERAPAN MODUL AL-‘ARABIYYAH ‘AlĀ AL-FAURI LINNĀŢIQĪNA BIL-MUBTADIĪNA DALAM PEMBELAJARAN MUHĀDATSAH DI LPBA AL-HIKMAH PURWOKERTO..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LPBA Al-Hikmah Purwokerto merupakan salah satu lembaga pembelajaran kursus bahasa Asing yang mana lembaga tersebut merupakan salah satu kursus yang laris di purwokerto terlebih Bahasa Arab. Penelitian ini membahas mengenai penerapan modul yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Modul al-’arabiyyah ‘alā al-fauri ainnāṭiqīna bilmubtadiīna merupakan modul pembelajaran muhādatsah yang diajarkan untuk melatih keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tutor dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa gambaran penerapan pembelajaran yaitu: (1) Tahap Prainstruksional yaitu kegiatan yang di tempuh tutor ketika memulai proses belajar mengajar, (2) Tahapan Instruksional yaitu tahap inti atau tahap pembelajaran dengan penyampaian materi menggunakan modul al-’arabiyyah ‘alā al-fauri ainnāṭiqīna bilmubtadiīna, (3) Tahap Penilaian atau tindak lanjut yaitu tahapan terakhir dalam kegiatan pembelajaran serta pemberian tugas untuk mengecek pemahaman peserta didik. Modul tersebut dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri, karna mudah utuk dipahami. Pembelajaran muhādatsah di LPBA Al-Hikmah Purwokerto sudah berjalan dengan lancar, dan peserta didik juga merasa senang dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Penerapan, Modul, Pembelajaran Muhādatsah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zulfa Khusna Sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:55
Last Modified: 19 Jul 2024 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item