REPRESENTASI KEMANDIRIAN PEREMPUAN DALAM SERIAL "GADIS KRETEK" DI PLATFORM NETFLIX

Nilta Hirza, Millati (2024) REPRESENTASI KEMANDIRIAN PEREMPUAN DALAM SERIAL "GADIS KRETEK" DI PLATFORM NETFLIX. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NILTA HIRZA MILLATI_REPRESENTASI KEMANDIRIAN PEREMPUAN DALAM SERIAL GADIS KRETEK DI PLATFORM NETFLIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketidakmandirian perempuan merupakan isu kompleks yang berdampak luas dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial dan budaya. Pada era sekarang ini masih banyak perempuan yang tidak mandiri. Perempuan yang tidak mandiri seringkali bergantung pada orang lain untuk kebutuhan finansial, emosional dan keputusan penting dalam hidup mereka, tidak percaya diri akan kemampuan, serta tidak mampu menyelesaikan permasalahan. Serial Gadis Kretek menceritakan tentang perjalanan seorang perempuan di industri kretek dan menampilkan kemandirian sosok perempuan yang memiliki kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi kemandirian perempuan dalam serial Gadis Kretek. Berdasarkan pada latar belakang fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi kemandirian pada perempuan dalam serial Gadis Kretek di platform Netflix. Metode yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes menggunakan tiga tahap yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah serial Gadis Kretek di platform Netflix. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi kemandirian perempuan dalam film serial Gadis Kretek yang dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes diantaranya adalah: pertama kemandirian ekonomi, direpresentasikan sebagai perempuan yang memiliki keterampilan dan kemampuan dalam mengelola bisnis, perempuan yang bekerja keras dan memotivasi. Kedua, kemandirian emosi, direpresentasikan sebagai perempuan yang dapat mengendalikan emosi dihadapan orang lain tanpa bergantung pada orang lain. Ketiga, kemandirian nilai, direpresentasikan dengan perempuan yang berani mengutarakan pendapat, cerdas dan berwawasan luas, kemampuan menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif, dan mampu mengambil keputusan. Kata Kunci : Representasi Perempuan, Gadis Kretek, Roland Barthes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Representasi Perempuan, Gadis Kretek, Roland Barthes
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nilta Hirza Millati sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:57
Last Modified: 19 Jul 2024 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26612

Actions (login required)

View Item View Item