MAKNA ISRĀ’ĪL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF K.H. AHMAD BAHAUDDIN NURSALIM (Analisis Kelisanan Walter J Ong)

Faiz, kamal (2024) MAKNA ISRĀ’ĪL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF K.H. AHMAD BAHAUDDIN NURSALIM (Analisis Kelisanan Walter J Ong). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Faiz Kamal - Makna Israil Dalam Al-Qur'an Perspektif K.H. Bahauddin Nursalim (Analisis Kelisanan Walter J Ong).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna Isrā’īl dalam al-Qur’an perspektif K.H. Bahauddin Nursalim atau Gus Baha’, seorang tokoh pakar tafsir asli Nusantara. Serta mengurai unsur kelisanan tentang Bani Isrā’īl yang ia ungkapkan pada channel Youtube “Ngaji Kitab Gus Baha”. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan berbasis digital. Penulis melakukan observasi pada channel primer kemudian melakukan pemetaan terhadap tema yang relevan dengan penelitian dan mentranskripsikannya untuk analisis lebih mendalam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori kelisanan dari Walter J. Ong, yang merumuskan sembilan ciri kelisanan primer yaitu aditif, agregatif, panjang lebar, tradisional, dekat dengan kehidupan sehari-hari, agonistik, empatis dan partisipatif, homeostatis dan bergantung pada situasi. Hasil penelitian menemukan: (1) bahwa warga negara Israel tidak sepenuhnya sama dengan komunitas Bani Isrā’īl yang disebutkan dalam al-Qur’an. Secara historis, Yahudi awalnya adalah sebuah marga. Namun, karena konotasi karakter buruk yang melekat pada mereka, istilah Yahudi berubah dari menunjuk satu bangsa dengan kesamaan marga menjadi istilah untuk mengidentifikasi agama. Dan (2) bahwa ciri-ciri kelisanan yang dikemukakan oleh Ong sepenuhnya terdeteksi dalam tafsir lisan Gus Baha’ mengenai Bani Isrā’īl, yang berfungsi untuk memperkuat perspektifnya dan sebagai formula verbal sehingga penjelasannya dapat dipahami oleh pendengar. Secara substansial, Gus Baha’ memisahkan makna Isrā’īl dengan Israel sebagai negara. Namun, pemisahan tersebut tidak menafikan bahwa Negara Israel saat ini merupakan representasi dari Bani Isrā’īl atau Yahudi dalam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gus Baha’, Tafsir Lisan, Isrā’īl, Yahudi.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.08 Sejarah dan deskripsi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.39 Tafsir Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.62 Organisasi Politik
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
400 Language > 410 Linguistics > 419 Verbal language not spoken or written
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Faiz Kamal
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:14
Last Modified: 18 Jul 2024 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26590

Actions (login required)

View Item View Item