ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ADOPSI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DI DESA PEKAJA, KECAMATAN KALIBAGOR, KABUPATEN BANYUMAS

Adelia, Putri Ifosioni (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ADOPSI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DI DESA PEKAJA, KECAMATAN KALIBAGOR, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Adelia Putri Ifosioni_Analisis Faktor-Faktor Adopsi Social Media Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil Di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peluang untuk menjadi pusat kekuatan ekonomi dengan adanya strategi pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing). Salah satu yang sudah menggunakan digital marketing yaitu Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, namun banyak dari para pelaku usaha yang belum memanfaatkannya secara maksimal atau kurang memahami dalam mengembangkan dan menerapkan strategi yang efektif. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji faktor-faktor adopsi social media marketing berupa compatibility, cost effectiveness, dan interactivity dan pengaruhnya terhadap kinerja usaha pada pelaku UMK di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 150 responden para pelaku UMK Desa Pekaja menggunakan Sampling Jenuh (Sensus). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang disusun menggunakan Agree-Disagree Scale dan metode analisis yang digunakan yaitu Structural Ecuational Model (SEM) dengan alat bantu Aplikasi Smartpls versi 4.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel compatibility (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi social media marketing (Z), variabel cost effectiveness (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi social media marketing (Z), variabel interactivity (X3) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi social media marketing (Z) dan variabel adopsi social media marketing (Z) berpengaruh signifikan terhadap kinerja (Y). Kemudian uji jalur specific indirect effect menyatakan bahwa variabel adopsi social media marketing (Z) berhasil memediasi variabel compatibility (X1), cost effectiveness (X2), dan interactivity (X3) terhadap kinerja (Y) atau dengan kata lain berpengaruh mediasi secara signifikan. Implikasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa perlu adanya pengoptimalan dalam meningkatkan kesiapan operasional yang sudah ada yakni berupa kesiapan teknologi atau finansial terhadap adopsi social media marketing yang diharapkan dengan mengadopsi social media marketing dapat meningkatkan kinerja UMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Compatibility, Cost Effectiveness, Interactivity, Adopsi Social Media Marketing, Kinerja usaha, UMK
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adelia Putri Ifosioni Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:07
Last Modified: 18 Jul 2024 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item