PENGALAMAN JAMAAH TERHADAP KALIGRAFI AL QURAN DI MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO, SOKANEGARA, KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR, KABUPATEN BANYUMAS

Anis, Alfiatur Rohmah (2024) PENGALAMAN JAMAAH TERHADAP KALIGRAFI AL QURAN DI MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO, SOKANEGARA, KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
alhamdulillah skripsi rampung ya.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena Al Quran yang hidup berdampingan bersama para jamaah melalui seni lukis (kaligrafi) yang berada dimasjid. Penelitian ini juga mengungkapkan tentang bagaimana pengalaman para jamaah masjid yang didalamnya terdapat kaligrafi ayat Al Quran di masjid Agung Baitussalam, Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Living Quran dengan pendekatan Penelitian Fenomenologi Deskriptif (PFD). Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Intensionalitas yang berarti kesadaran mutlak milik Edmund Husserl. Hal ini dilakukan sebagai dasar dari penelitian untuk mengupas dirkusus yang telah menjadi tumpuan dari penelitian tentang pengalaman jamaah terhadap kaligrafi ayat Al Quran yang berada dimasjid Baitussalam Purwokerto Banyumas. Hasil Penelitian ini yaitu : Pertama, Masjid Agung Baitussalam berdiri pada tahun 1910 di Jl. Masjid No. 1 Purwokerto, kelurahan Sokanegara, kecamatan Purwokerto Timur, kabupaten Banyumas. Kaligrafi Al Quran sudah ada sejak zaman awal pembangunan masjid namun belum banyak, pada akhirnya direnovasi yang dilakukan untuk kedua kalinya pembaruan dilakukan dengan penambahan Kaligrafi Al Quran. Adapun ayat Al Quran yang tertempel pada dinding Masjid Agung Baitussalam Purwokerto yaitu terdapat 21 Ayat Al Quran yang terdiri dari Lafadz Allah dan Muhammad, QS Al Baqarah ayat 149-150, QS Al Mukminun ayat 1-11, QS Muhammad ayat 7-9, QS Al Fatihah ayat 1-7, QS Tahrim ayat 6, QS Al Imron ayat 53, QS Al Baqoroh ayat 32-43, QS Al Hijr ayat 98, QS Toha ayat 14, QS Al Imron ayat 133, QS Al Hasyr ayat 18, QS Al A‟la ayat 18, QS Al Isro ayat 18, QS At Taubah ayat 18, QS An Nur ayat 35, QS At Taubah ayat 108, QS Al Qoshos ayat 83, QS Al Anfal ayat 2, QS Al Ahqaf ayat 13, QS Al Ikhlas ayat 1-4. kedua sebagian jamaah masjit mengatakan bahwa pengalaman yang dirasakan oleh sebagian besar para jamaah dengan adanya Kaligrafi Ayat Al Quran memberikan makna nilai motivasi yang tinggi, yang dimana dari motifasi tersebut menghasilkan inspirasi efek rasa ketenangan saat menikmati keindahan, gaya bahasa yang indah dengan kepenulisan yang menarik perhatian, rasa bosan yang ingin mengganti dengan jenis tulisan dan ayat yang baru (renovasi). Kata kunci : Kaligrafi, Ayat Al Quran, Pengalaman, Masjid Agung Baitussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kaligrafi, Ayat Al Quran, Masjid Agung Baitussalam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.72 Arsitektur
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.74 Dekorasi dan Seni Lukis
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.76 Khat dan Kaligrafi
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Anis Alfiatur Rohmah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:54
Last Modified: 18 Jul 2024 08:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26556

Actions (login required)

View Item View Item