ANALISIS ASPEK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KB DURIAN EMAS PURWOKERTO UTARA

Hani'atul, Kamalya (2024) ANALISIS ASPEK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KB DURIAN EMAS PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANALISIS ASPEK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KB DURIAN EMAS PURWOKERTO UTARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengelola emosi adalah komponen penting dalam pendidikan emosi. Mengajarkan pendidikan emosi sejak dini sangat penting agar anak dapat menjadi individu yang mampu beradaptasi dengan baik dalam berbagai dinamika dan tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis aspek kecerdasan emosional anak dalam proses pembelajaran di KB Durian Emas Purwokerto Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan anak di KB Durian Emas Purwokerto Utara. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. verifikasi atau kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam membangun kecerdasan emosional anak meliputi lima aspek kecerdasan emosional diantaranya yaitu kemampuan mengenali emosi diri anak, dilakukan melalui komunikasi langsung dan mengungkapkan perasaan. Aspek membangun kemampuan mengelola emosi anak, dilakukan dengan mengajarkan anak untuk saling memaafkan, merespon emosi negatif anak, dan kegiatan mengantri. Aspek membangun kemampuan memotivasi diri, dilakukan dengan kegiatan memimpin doa, latihan memakai sepatu sendiri, latihan merapikan alat masak sendiri, serta memberikan reward. Aspek membangun kemampuan empati, mencakup latihan tolong-menolong, berbagi makanan, dan kegiatan menghargai hasil karya tulisan. Aspek membangun kemampuan empati mencakup latihan tolong-menolong, berbagi makanan, dan kegiatan menghargai hasil karya tulisan. Aspek membangun kemampuan membina hubungan dengan orang lain mencakup kerja sama latihan menulis, mengucapkan salam, dan kegiatan bermain bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek, kecerdasan emosional, anak usia dini.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hani'atul Kamalya sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:24
Last Modified: 18 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item