STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Kasus BUMDes Piasa Kulon, Somagede, Banyumas)

Syafa Mayanti, Putri (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Kasus BUMDes Piasa Kulon, Somagede, Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAFA-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Berbasis Analisis SWOT. Studi kasus dilakukan pada BUMDes Piasa Kulon, Somagede, Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Pengurus BUMDes, Pelaku UMKM, dan Pengunjung. Hasil Analisis SWOT mengungkapkan bahwa BUMDes Piasa Kulon memiliki kekuatan berupa sumber daya manusia yang kompeten dan dukungan kuat dari pemerintah desa. Untuk kelemahan meliputi keterbatasan modal dan kurangnya pemanfaatan teknologi. Peluang yang dapat dimanfaatkan yaitu pasar yang luas dan program pemerintah yang mendukung UMKM, sedangkan ancaman yang dihadapi adalah persaingan ketat dan perubahan kebijakan ekonomi. Berdasarkan hasil analisis, strategi pengembangan yang direkomendasikan meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pengembangan jaringan pemasaran, peningkatan akses terhadap modal, dan optimalisasi penggunaan teknologi. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM sehingga berdampak positif pada peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Piasa Kulon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi Pengembangan, UMKM, Pendapatan Masyarakat, Analisis SWOT, BUMDes Piasa Kulon.
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syafa Mayanti Putri Sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:23
Last Modified: 19 Jul 2024 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item