ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PADA PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT MUHAMMADIYYAH (LAZISMU) BANYUMAS

Rahma Kamila Sukma, Anggraini Azis (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PADA PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT MUHAMMADIYYAH (LAZISMU) BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RAHMA KAMILA S.A.A_ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PADA PENDISTRIBUSIAN DANA AKAT DI LAZISMU BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya zaman yang modern, pendistribusian zakat mengalami banyak perubahan. Pendistribusian melalui prosedur yang benar diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para mustahik dan dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan, dengan begitu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mustahik. Penerapan manajemen risiko pada pendistribusian zakat berfungsi untuk mendeteksi risiko yang terjadi sehingga dengan begitu dapat menciptakan solusi untuk meminimalkan risiko yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pendistribusian zakat dan mengetahui manajemen risiko pendistribusian dana zakat di LAZISMU Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dihasilkan melalui wawancara kepada direktur dan manager pendistribusian serta mustahik yang terkait. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung ke Lembaga Amil Zakat Muhammadiyyah Banyumas untuk mengamati prosedur dan manajemen risiko pendistribusian dana zakat di lembaga tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahwa Lembaga Amil Zakat Muhammadiyyah Banyumas melaksanakan tahapan pendistribusian dengan tertib sesuai dengan langkah-langkah yang terstruktur kepada asnaf yang sudah ditentukan kriterianya dengan berbagai pola pendistribusian. Pelaksanaan manajemen risiko di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyyah Banyumas didapati risiko yang diklasifikasikan menurut tingkatan berupa risiko tinggi yang meliputi tidak tepat sasaran dalam penyaluran pada bantuan bea studi sang surya, risiko sedang meliputi kurangnya pembinaaan mustahik dan keterlambatan penyerahan bantuan sedangkan risiko rendah meliputi kurangnya inovasi dan minimnya jumlah amil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, Dana Zakat, Manajemen Risiko
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Rahma Kamila Sukma Anggraini Azis Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:09
Last Modified: 18 Jul 2024 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item View Item