PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, CORPORATE IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KCP BREBES BUMIAYU)

Moh, Iskandar (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, CORPORATE IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KCP BREBES BUMIAYU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Moh Iskandar_Pengaruh Customer Relationship Management, Corporate Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Brebes Bu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan di sektor keuangan saat ini, khususnya pada bank syariah mengalami peningkatan 9,79 % yoy. Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank yang bergerak di sektor perbankan syariah. BSI menjadi bank syariah yang memiliki aset terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji customer relationship management, corporate image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel moderasi pada nasabah BSI. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan sampel menggunakan non probability sampling menggunakan teknik insidental sampling. Jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah BSI KCP Brebes Bumiayu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi ordinal serta uji moderated regression analysis. Hasil uji rank spearman menunjukkan bahwa CRM berpengaruh sedang 0,588, corporate image berpengaruh sedang 0,533, kualitas pelayanan berpengaruh sedang 0,498 serta kepuasan nasabah berpengaruh kuat 0,784 terhadap loyalitas nasabah. Kemudian hasil analisis regresi ordinal pada parameter estimates menunjukkan CRM, corporate image, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah serta pada uji MRA menunjukkan hasil kepuasan nasabah mampu memoderasi hubungan antara CRM dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kepuasan nasabah tidak memoderasi hubungan antar corporate image terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Corporate Image, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Moh. Iskandar Sdr
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:59
Last Modified: 18 Jul 2024 07:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26543

Actions (login required)

View Item View Item