PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN EKONOMI MASYARAKAT(STUDI KASUS DI YAYASAN ULIN NUHA TEGAL)

Ilham Aqil, Muaffan (2024) PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN EKONOMI MASYARAKAT(STUDI KASUS DI YAYASAN ULIN NUHA TEGAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri..

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILHAM AQIL MUAFFAN_2017202188.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan lembaga pendidikan Islam yang memerlukan pembiayaan dalam mengembangkan pendidikannya. Sumber pendanaan yang dipilih tentunya harus sesuai dengan prinsip syariah agar mendukung visi dan misi lembaga dalam mengembangkan fasilitas pendidikan dan ekonomi. Salah satu lembaga pendidikan yang telah berhasil melakukan pembiayaan dalam menghadapi masalah tersebut adalah Yayasan Ulin Nuha Tegal. Yayasan Ulin Nuha Tegal menghadapi keterbatasan dana dalam mengembangkan fasilitas pendidikan dan program pengembangan ekonomi, sehingga memerlukan solusi pembiayaan yang tidak terdapat riba dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dikumpulkan melalui teknik wawancara dengan pengurus Yayasan Ulin Nuha Tegal dan masyarakat sekitar yayasan yang berdampak dari adanya pembiayaan tersebut. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, internet, dan bacaan yang relevan dengan penelitian. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Sedangkan dalam teknik keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah yang digunakan oleh Yayasan Ulin Nuha Tegal berjalan dengan mekanisme yang transparan dan sesuai dengan prinsip syariah. Pembiayaan ini terbukti berperan positif dalam pengembangan pendidikan Islam di yayasan tersebut, yang terlihat dari peningkatan fasilitas dan kegiatan pendidikan yang terstruktur dan aktifnya partisipasi masyarakat dalam mengkuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh yayasan. Selain itu, pembiayaan murabahah juga berdampak positif terhadap pengembangan ekonomi masyarakat sekitar seperti terbukanya kesempatan kerja dan usaha bagi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Murabahah, Pendidikan Islam, Ekonomi Masyarakat, Yayasan Ulin Nuha Tegal
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ILHAM AQIL MUAFFAN sdr
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:56
Last Modified: 18 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26518

Actions (login required)

View Item View Item